Posted on Leave a comment

3 Cara Melepas Stress Karena Bisnis yang Stagnan Saat Pandemi Covid-19

Siapa yang berharap akan ada pandemi? Apalagi pandemi terjadi secara global menyebabkan siapa pun tidak ada yang bisa sembunyi. Saya yakin, tidak ada sama sekali. Semua ingin berjalan baik-baik saja. Tanpa kendala apa pun. Betul?

Tak hanya satu dua orang atau bisnis yang terkena dampaknya. Mau itu dampak besar atau kecil. Buat pemilik usaha yang belum sebesar yang lain. Bangkrut seolah ada di depan mata. Sangat jelas.

Stress atau tertekan akan menimpa banyak orang. Banyak temannya. Benar, kan? Nah bagaimana cara kita bisa mengatasi tekanan atau rasa stress ini. Karena kita tidak akan ada yang tahu sampai kapan Covid-19 ini akan berakhir. Bahkan kabarnya Covid ini akan selalu ada dan kita mau tak mau harus berdamai dengannya.

Lantas, bagaimana dong?

Ada beberapa yang bisa kita coba agar tidak larut dalam stress atau tekanan ini.

1 Berpikiran positif

Benar ini tampak sangat basi ya? Tetapi dengan berpikiran positif akan menyelamatkan mental kita. Pikiran juga akan memberikan afirmasi positif. Sehingga bisa membuat tubuh pun tidak lelah dan kesehatan tak akan menurun.

Berpikiran positif di masa pandemi akan membuat kita akan tetap bisa survive. Agar bisa membuat terobosan apa yang perlu dilakukan. Agar bisa tetap mendapatkan penghasilan.

2. Melakukan hobi atau kesukaan

Ini seringkali disarankan oleh para dokter dan ahli psikologi. Terlebih ketika pasiennya sedang sakit. Pernah saya membaca bahwa ada pasien stroke yang sembuh karena menulis. Dia melakukan apa yang dia suka. Ada juga yang bisa kembali seperti sedia kala ketika menggambar.

Secara tak langsung seseorang akan menyalurkan energi untuk merelaksasi pikiran. Sehingga badannya pun bisa rileks dan positif. Lagi-lagi sama seperti nomer satu, hal ini akan berpengaruh pada kesehatan jiwa dan raga.

Bagaimana buat perempuan yang sedang sehat? Coba cari tahu apa kesukaannya. Apakah menulis, menggambar, mendengar lagu, atau menonton film? Kalau saya memang lebih menyukai menonton drama korea. Ya, tak masalah menontonnya. Untuk kewarasan jiwa dan raga.

3. Tetap survive dengan keadaan yang ada

Iya, ini merupakan pilihan yang mau tak mau harus dijalani. Apakah mau tetap patah arang? Patah arang tak akan membawa kita kemana saja. Sama sekali.

Hanya survive yang mampu membuat kita bergerak. Bila mentok, segera buat terobosan. Buatlah langkah atau mencari jalan keluar. Kitalah yang memutuskan apakah bertahan dengan bisnis yang sudah berjalan. Apakah mau menambah produk atau jasa. Menggenjot produk atau jasa yang sudah ada dan paling diminati. Atau mau bertahan dengan berjualan produk atau jasa yang dibutuhkan orang saat ini?

Saatnya kita mulai memutuskan dari sekarang….

(Visited 25 times, 1 visits today)
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *